Pages

Kamis, 18 Oktober 2012

Kutil (Verruca Vulgaris): Gambaran Klinis dan Diagnosis


Pada manusia, kutil disebabkan oleh infeksi virus papiloma manusia (HPV, human papillomavirus). Kutil (Verruca Vulgaris) adalah papul jinak yang dapat timbul di bagian mana saja di kulit. Terdapat banyak turunan HPV. Sebagian cenderung menginfeksi daerah alat kelamin atau anus, menimbulkan kutil genital, sedangkan yang lain mengkolonisasi jari dan tangan, menimbulkan kutil biasa. Kutil plantar adalah kutil yang tumbuh di bagian bawah kaki yang meluas ke dalam dan bukan keluar. Kutil ditularkan melalui kontak kulit ke kulit. Kutil genital dianggap sebagai penyakit menular seksual.
Sebagian penelitian mengisyaratkan bahwa lebih dari 40% wanita muda yang menggunakan pusat kesehatan universitas untuk perawatan ginekologis mereka, mengidap kutil genital. Turunan tertentu kutil genital diketahui berkaitan dengan kanker serviks; turunan lain tidak cenderung menjadi kanker. Risiko terbentuknya kanker serviks adalah tinggi pada wanita pengidap kutil genital yang merokok. Hal ini kemungkinan besar berkaitan dengan kenyataan bahwa mukus serviks mengandung banyak toksin tembakau, yang mungkin bekerja secara sinergistis dengan HPV untuk menimbulkan kanker.
Jenis-jenis kutil
Veruka dibagi lagi berdasarkan morfologi klinis dan lokasi anatomik. Lesi tertentu secara khas disebabkan oleh tipe virus papilloma tertentu.
• Veruka vulgaris merupakan tipe veruka yang paling sering ditemukan dan paling sering terlihat pada bagian dorsum tangan. Secara makroskopis terdapat papula yang berwarna putih-kelabu hingga kuning kecokelatan, berbentuk rata hingga cembung dan berukuran 0,1 hingga 1 cm dengan permukaan seperti batu kerikil yang kasar.
• Veruka plana (kutil yang rata) biasanya timbul pada wajah atau bagian dorsum tangan. Secara makroskopis, veruka plana berupa papula yang rata, teraba halus, berwarna merah dengan ukuran yang lebih kecil daripada ukuran veruka vulgaris.
• Veruka plantaris (telapak kaki) atau palmaris (telapak tangan) tempat sebagai lesi yang kasar dan bersisik dengan diameter 1 sampai 2 cm yang bisa menyatu; lesi ini dapat dikelirukan dengan kalus.
• Kondiloma akuminata (veruka anogenital dan venereal) ditemukan sebagai massa yang teraba lunak dan berwarna merah seperti kembang kol dengan diameter yang mencapai beberapa sentimeter.
Gambaran Klinis
• Kutil kulit dapat berbentuk datar atau bulat, besar atau kecil.
• Kutil genital memiliki gambaran seperti kembang kol. Kutil ini dapat ditemukan di ujung atau batang penis, di labium, di vagina, atau di sekitar anus.
Diagnosis
• Diagnosis dibuat berdasarkan riwayat dan pemeriksaan fisik.
• Lesi terkadang dapat dibiopsi untuk penegasan histologis HPV sekaligus melakukan pemetaan lesi.
Komplikasi
• Kanker serviks pada wanita dapat dianggap sebagai komplikasi infeksi HPV yang terjadi akibat infeksi oleh turunan tertentu HPV.
• Walaupun jarang, bayi baru lahir yang terpajan kutil genital selama proses kelahirannya dapat mengidap kutil esofagus.
• Kutil genital dapat menyebabkan harga diri rendah dan perasaan bersalah serta malu pada pasien. Pasien HPV biasanya tidak mau membina hubungan baru.
Penatalaksanaan
• Kutil akan menghilang sendiri setelah sistem imun terangsang untuk mengenalinya. Hal ini biasanya terjadi setelah vaskularisasi atau perdarahan kutil.
• Iritasi kutil kulit atau plantar dengan pengolesan asam salisilat, formaldehida, podofilurn atau iritan kulit lain dapat merangsang reaksi imun terhadap kutil. Kutil sering kali muncul kembali setelah penanganan.
• Nitrogen cair, bedah beku, atau laser dapat digunakan untuk mengangkat kutil yang membandel atau tampak buruk, atau kutil di daerah genital atau esofagus.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar