Pages

Kamis, 18 Oktober 2012

Tips Pencegahan Kanker


Beberapa kanker sebenarnya bisa dicegah dengan peningkatan pengetahuan mengenai hal ini baik oleh dokter maupun masyarakat awam. Kita bisa mencontoh, upaya menyehatkan masyarakat yang dicanangkan oleh Amerika Serikat. Pada tahun 2010, masyarakat Amerika Serikat menargetkan untuk menurunkan angka penderita kanker sekitar 1/3 melalui upaya-upaya pencegahan, seperti:
a. Kebiasaan makan makanan yang sehat
Sudah sering diinformasikan bahwa buah-buahan, sayuran dan diet rendah lemak bisa mencegah timbulnya kanker hingga 20%.
b. Aktivitas olahraga
Jalan cepat minimal 30 menit perhari dengan frekuensi 3 – 5 hari per minggu, bisa mencegah teijadinya banyak penyakit, antara lain penyakit kanker.
c. Konsumsi alkohol
Untuk mereka yang gemar minum alkohol dan turunannya, harap memperhatikan batas toleransinya. Penyebabnya, konsumsi alkohol yang tinggi bisa meningkatkan risiko kanker payudara dan kanker saluran cerna.
d. Merokok
Rokok merupakan penyebab 1 / 3 kanker yang terjadi. Rokok selain menyebabkan kanker paru, bisa juga me-nyebabkan kanker jenis lain, seperti kanker payudara dan kanker leher rahim. Selengkapnya baca Bab 2 hingga Bab 4 dalam buku ini yang menjelaskan mengenai kedua kanker tersebut.
e. Vitamin E
Konsumsi vitamin E, sebaiknya diikuti dengan kon-sumsi vitamin C dan vitamin A serta beberapa mineral antioksidan. Selengkapnya baca Bab 9 yang menjelaskan mengenai Jejaring Antioksidan.
f. Sunat/ sirkumsisi
Wanita yang melakukan hubungan seksual dengan pria yang belum disunat mempunyai risiko yang tinggi terhadap kanker serviks.
g. Deteksi dini.
Selain dicetuskan oleh zat-zat karsinogenik (yang menyebabkan kanker), ada juga kanker yang terjadi secara turun temurun atau genetik. Misalnya, kanker payudara, ovarium, dan usus. Oleh sebab itu bagi mereka yang mempunyai saudara/ kerabat yang menderita jenis kanker yang disebutkan di atas, haruslah aktif memeriksakan din (deteksi dini), agar bisa mengetahui secara cepat apakah dirinya mendapat penyakit yang sama. Anjuran yang sama juga diberikan pada mereka yang sering berganti-ganti pasangan (atau mempunyai pasangan yang melakukan hal itu), perokok, dan kegiatan berisiko meningkatkan angka kejadian kanker lainnya.
h. Hormonal
Salah satu faktor yang bisa mempermudah terjadinya kanker payudara adalah lamanya wanita terpapar dengan hormon estrogen. Artinya makin lama usia masa produktif (usia dimana seorang wanita masih menga-lami menstruasi) risikonya lebih tinggi dibandingkan mereka yang usia masa produktifnya rata-rata. Dengan kata lain, makin muda usia seorang wanita mendapat menstruasi pertama, relatif makin berisiko mengalami kanker payudara.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar